Tips Masalah Utama Jerawat Pada Orang Dewasa

| 04/16/2017 | 0 Comments

Masalah Utama Jerawat Pada Orang Dewasa
Kebanyakan orang harus menunggu sampai usia lebih dari 20-an sebelum akhirnya memiliki kulit yang bebas taburan jerawat. Bebas? Tidak juga. Banyak orang dewasa yang tetap memiliki wajah berjerawat.

Jerawat di masa dewasa adalah hal yang umum,” kata dokter kulit Neal Schultz, M.D., pencipta Beauty Rx Skincare. Bahkan, jerawat bia muncul ketika kitamasuk ke usia 50-an, menjelang menopause.”

Jika wajah Anda banyak berjerawat di masa remaja, kemungkinan Anda punya kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat. Tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki wajah berminyak, masih mungkin Anda akan berakhir dengan wajah berjerawat di masa dewasa

Penelitian tahun 2015 menemukan bahwa pasien jerawat dengan rentang usia 20-40 tahun meningkat hingga 200%. Kenapa?

Di kasus saya, ngurusin jerawat di umur 20-an ternyata lebih susah daripada jerawat puber. Meskipun dua-duanya sama-sama faktor hormonal, tetapi ternyata hormon saya lebih naik-turun di usia early twenties ini dibandingkan waktu masih ABG. Setiap mau menstruasi, pasti ada aja cystic acne yang muncul dan jumlahnya pun suka nggak kira-kira. Kalau waktu remaja dulu jerawatnya gampang hilang, jerawat yang sekarang lebih bandel dan bekasnya masih merah sampai berbulan-bulan. Huft!

Waktu saya ngeluh ke dr. Dewi Hasanah, SpKK dari Essenskin Dermatovenereology soal ini, dr. Dewi menjelaskan bahwa di luar faktor hormon, ada banyak penyebab jerawat orang dewasa yang kadang kita nggak “ngeh“. Setelah saya pikir-pikir lagi, poin-poin di bawah ini ada benarnya juga!

Masalah Utama Jerawat Orang Dewasa

1. Stress

“Zaman sekarang kan, perempuan lebih banyak yang bekerja dibanding zaman dulu. Otomatis level stress-nya perempuan zaman sekarang pasti lebih tinggi.” jelas dr. Dewi. Ha! Should I blame feminism for my pimples? 😀 Saat kita sedang stress, hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan berimbas pada produksi minyak serta inflamasi. Di beberapa orang, jerawat yang biasanya berukuran normal bisa jadi membengkak dan meradang berhari-hari akibat stress.

Satu tip yang saya contek dari Netta kalau lagi jerawatan: jangan sering-sering ngaca biar nggak tambah stress dan kepancing mencet jerawat. More stress = more acne! Mending nonton maraton TV series atau nonton kisah sukses jerawat di YouTube supaya pikiran jadi lebih positif 🙂

2. Gonta-ganti Skincare

Sepuluh tahun yang lalu, tren skincare layering atau menumpuk-numpuk skincare mungkin baru beberapa orang yang melakukan. Sekarang, tren skincare sudah begitu banyak macamnya dan kita harus pintar-pintar memilih mana yang bisa diaplikasikan ke kulit kita. Gonta-ganti skincare memang nggak selamanya buruk, tapi ketika dilakukan tanpa mempertimbangkan kebutuhan kulit, nyuekin tanda-tanda iritasi, dan hanya dilakukan atas dasar ikut-ikutan temen, hasil akhirnya malah bisa menimbulkan masalah baru.

Belakangan ini, kasus breakout yang sering saya lihat adalah akibat over-exfoliation atau menggunakan lebih dari satu produk skincare dengan bahan aktif yang kuat di saat bersamaan. Alhasil, kulit nggak kuat dan “protes”.

Masih ingat kesan Global Brand Team Manager COSRX terhadap cewek-cewek Indonesia? “Semuanya mau dipake!” 😀

Baca juga: Saat Gonta-ganti Skincare Sah Dilakukan

3. Perawatan Nggak Tuntas

Nyambung ke topik ketergantungan krim dokter, salah satu penyebab masalah jerawat pada orang dewasa nggak kunjung sembuh adalah banyak pasien yang nggak menyelesaikan perawatannya secara tuntas. Banyak kasus ketika krim-krim yang diberikan dokter terasa nggak nyaman atau perih, bukannya langsung dikomunikasikan dengan dokter yang meresepkan, tapi malah dihentikan sendiri dan pindah ke produk skincare yang dijual bebas.

Skincare yang dijual bebas itu pun belum tentu langsung cocok, karena yang namanya krim dari dokter pasti punya kandungan bahan aktif lebih tinggi dibanding produk di pasaran dan nggak bisa dicampur sembarangan dengan produk lain.

Ini juga yang menyebabkan persepsi ketergantungan dokter kulit menjadi sesuatu yang menakutkan, padahal selama komunikasi kamu dengan dokternya baik, ketidaknyamanan kamu seputar krim-krim yang diberikan pasti akan dikasih solusi oleh dokter.

Masalah muncul ketika kita sudah self-diagnose, menggampangkan timeline yang diberikan dokter (contohnya, malas balik kontrol setelah tiga bulan) lalu langsung pindah ke klinik yang lagi hits di IG.

Perlu diingat bahwa jerawat hormonal orang dewasa adalah jenis jerawat yang paling susah diatasi tanpa bantuan pil KB dan sejenisnya, jadi saran saya tuntaskan perawatan kamu ke dokter dan tetap sabar melihat progress. Mungkin kita butuh enam bulan perawatan di mana pasien lain hanya butuh tiga bulan, tapi selama kita konsisten memakai krim dan konsul sesuai aturan, eventually hasilnya akan baik

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya.

1. Masalah hormon
“Fluktuasi hormon, seperti saat PMS, adalah penyebab utama (munculnya jerawat),” jelas dokter kulit Julia Tzu, M.D., dari Wall Street Dermatology.

Penyebab khususnya adalah lonjakan hormon androgen (hormon pria) seperti testosteron. Hormon pria ini bisa memicu timbulnya jerawat batu di sekitar dagu, leher, dan punggung, jelas dokter kulit Rebecca Kazin, M.D., F.A.A.D., dari Washington Institute of Surgery Dermatologic Laser dan Johns Hopkins Departemen Dermatology.

2. Stres
Sumber lain dari perubahan hormonal adalah stres. Apakah Anda seorang bekerja kantoran, seorang ibu penuh waktu, atau bahkan keduanya, hidup ini selalu meawarkan stres dalam berbagai level.

“Ketika stres, kelenjar adrenal akan memroduksi hormon stres kortisol, dan menempatkannya keluar dari dalam tubuh untuk membantu tubuh mengatasi stres,” jelas Dr. Schultz.

Wanita, juga memiliki sedikit hormon pria di dalam tubuhnya dan ini menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, sehingga lebih rentan berjerawat.

3. Polusi
“Polusi udara hanya akan menambah parah jerawat Anda,” kata Schultz. Terutama jika Anda tinggal di kota besar.

Tapi, ini bukan berarti Anda harus mengurung diri di rumah. Setelah Anda beraktivitas di luar dan pulang ke rumah, bersihkan wajah dengan susu pembersih dan toner. Lihatlah hasilnya di kapas, mungkin Anda tidak akan menyukai apa yang Anda lihat.

4. Anda mungkin menggunakan produk yang salah
Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi dan rentan terhadap jerawat, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit berlabel “bebas minyak,” “non-comedogenic,” atau ” berbasis air,” kata Schultz.

Salah memilih produk, misalnya Anda memilih produk yang berbasis minyak, maka itu akan menyumbat pori-pori dan membuat masalah jerawat menjadi lebih buruk.

5. Membersihkan wajah terlalu sering dan intens
“Terlalu sering mencuci wajah Anda dapat membuat jerawat lebih parah,” ujar Kazin. Dua kali sehari, itulah jumlah maksimal Anda boleh mencuci wajah. Lebih dari itu, akan menyebabkan kulit kering dan tubuh akan memroduksi minyak sebagai konsekuensinya.

6. Makanan tertentu
Kita semua pernah mendengar ada makanan yang diduga menyebabkan jerawat seperti cokelat, gorengan, pizza, kafein, kacang. Tapi Schultz mengingatkan kita bahwa menurut penelitian, makanan-makanan itu tidak menyebabkan jerawat pada sebagian besar orang.

Tapi, selalu ada pengecualian pada orang-orang tertentu yang sensitif. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, maka Anda harus menghindari makanan yang memicu jerawat itu.

Satu zat makanan yang menurut Schultz bisa menyebabkan jerawat pada semua orang adalah yodium, jika Anda mengonsumsinya berlebihan. Anda dapat menemukannya di kerang, seperti lobster, udang, kepiting, dan beberapa sayuran seperti rumput laut dan bayam.

7. Makanan manis
Makanan manis dapat memicu insulin dalam tubuh. Banyak bukti menunjukkan bahwa insulin dapat meningkatkan hormon-hormon laki-laki yang memicu produksi minyak, kata Schultz.

Pilihlah makanan berindeks glikemik rendah yang memiliki karbohidrat kompleks seperti biji-bijian. BIji-bijian lebih lambat diproses di dalam tubuh dan tidak menyebabkan insulin melonjak drastis

Apa yang dapat Anda lakukan Tentang itu?
Jika Anda memastikan jerawat Anda tidak disebabkan oleh masalah hormonal atau belum hilang hanya dengan mengubah produk Anda, pastikan Anda membersihkan kulit Anda dengan benar, tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Banyak produk di pasar yang dimaksudkan khusus untuk mengobati kulit berminyak (terutama pada remaja). Hal ini tidak bermanfaat bagi kulit orang dewasa, yang cenderung lebih kering. Ah, kebahagiaan masalah kulit orang dewasa. Jerawat DAN kulit kering.

Gunakan Pembersih Lembut: Setelah makeup Anda telah dihapus, gunakan pembersih yang lembut. Selalu pastikan untuk menggunakan air hangat. Air panas hanya akan mengeringkan kulit Anda.

Pertimbangkan Toner : Setelah membersihkan kulit Anda, pertimbangkan menerapkan toner, sebaiknya satu dengan asam salisilat. Asam salisilat membantu untuk unclog pori-pori.

Oleskan pelembab. Waktu hari pelembab sederhana dengan SPF akan baik-baik untuk penggunaan sehari-hari, tetapi berusaha menggunakan pelembab kaya di malam hari untuk memastikan kulit Anda mendapatkan cukup hidrasi – sesuatu yang kebanyakan remaja dengan jerawat tidak perlu khawatir tentang.

Pertimbangkan Minyak Alami: Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami seperti minyak kelapa atau minyak argan. Ini mungkin tampak menakutkan untuk menempatkan minyak di wajah Anda, tetapi dengan menggunakan minyak alami, produksi sebum kulit Anda akan cenderung mengatur, akibatnya mengurangi jerawat baru. Plus, minyak kelapa memiliki mengobati jerawat-besar sifat itu, cukup murah dan mudah untuk menemukan.

Tips: Produk Bebas Minyak tidak Seharusnya Menjadi Pilihan Terbaik: Banyak produk yang dipasarkan sebagai “minyak-bebas”, tapi jangan khawatir terlalu banyak tentang mencari produk tersebut. Kulit Anda membutuhkan minyak, bahkan jika kulit Anda masih berminyak sebagai orang dewasa. Pengupasan kulit minyak alami dapat membuat jerawat Anda lebih parah dan meninggalkan kulit Anda kering dan teriritasi.

Hapus Makeup Setiap Malam: Pastikan untuk selalu menghapus semua makeup Anda sebelum Anda pergi tidur. Gagal untuk benar menghapus riasan akan menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Faktor penyebab jerawat batu

jerawat umumnya sangat mengganggu sekali, apalagi bagi orang yang tidak  percaya diri rendah. jerawat ini bisa dialami oleh siapa saja, yang biasanya dimulai dari usia pubertas sekitar 12 tahun keatas.

jerawat itu mempunyai beberapa jenis yang pasti kalian sudah ketahui. ada jerawat batu, jerawat nasi, dan jerawat nanah. orang yang memiliki masalah jerawat, pasti memiliki terdapat penyebab. dan awal mula nya timbulnya jerawat adalah bintik kecil atau seperti menit, yang lama kelamaan akan bertumbuh besar. ada juga makanan yang bisa menyebabkan jerawat ini timbul, dan makanan yang memiliki rasa pedas dan cara pengolahannya digoreng.

berikut cara mencegah jerawat, apabila tidak mau mengalaminya. bisa dengan menjaga asupan makanan dan beristirahat yang cukup. jenis muka seseorang itu berbeda beda, ada kulit berminyak, kulit kering, dan kulit normal.
Apa-Penyebab-Jerawat

penyebab jerawat

Menyembuhkan jerawat juga bisa dilakukan dengan obat jerawat herbal, seperti kentang. yang cara pemakaiannya hanya dengan diparut dan lalu dioleskan pada wajah yang terdapat jerawat.

biasanya diantara wanita dan laki laki, yang paling mempersalahkan adalah wanita, karena pria cenderung lebih cuek terhadap penampilannya. wanita itu lebih menjaga tubuh nya dari ujung rambut sampai ujung kepala, karena ingin terlihat lebih perfect didepan semua orang.

jerawat itu, juga bisa dihilangkan dengan melakukan pengangkatan jerawat pada dokter ahlinya dengan alat yang sudah canggih. memang cara ini, banyak yang sudah pakai, dan terbukti jelas. tetapi cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan harus rajin tiap bulan atau perminggunya untuk melakukan perawatan atau pengecekkan.

Cara Mengatasi Jerawat Di Kulit Wajah

Jika keadaan jerawat semakin banyak di kulit maka sebaik nya jerawat segera diobati, karena peradangan jerawat sangat menyakitkan dan juga kondisi kulit bisa rusak lama kelamaan karena tidak terus menerus di penuhi oleh jerawat yang bermunculan. Maka dari itu sebaik nya jerawat diatasi dengan menggunakan obat jerawat alami. obat jerawat alami yang akan membantu untuk menyembuhkan jerawat bisa di gunakan untuk membuat keadaan kulit seperti normal. maka dari itu untuk menghilangkan jerawat bisa dengan sebagai berikut ini

  Lidah buaya

Mengatasi jerawat yang cepat dengan memanfaatkan tumbuhan sekitar, dan tumbuhan yang bisa membantu mengatasi jerawat salah satu nya dari lidah buaya. Lidah buaya bisa membantu menyembuhkan serta menghilangkan jerawat maupun bekas nya maka dari itu jika ada jerawat maka sebaik nya mengoleskan nya dengan menggunakan lidah buaya yang banyak di temui dimana mana.

   Tomat

Menghilangkan jerawat pun juga bisa dengan menggunakan tomat. Menghilangkan jerawat dengan tomat sangat mudah, karena hanya perlu mengoleskan tomat yang telah di tumbuk atau pun telah di potong. Tomat yang di tempelkan bias di diamkan beberapa saat agar meresap dan akan membantu menyembuhkan jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Di Kulit Wajah

Karena jerawat paling sering atau pun paling mudah untuk tumbuh di kulit wajah oleh sebab itu sebaik nya pencegahan jerawat di kulit wajah di lakukan. Penyebab jerawat di kulit wajah harus yang pertama kali di hindari jika ingin memiliki kulit wajah tanpa jerawat.

seperti makanan berminyak yang menjadi penyebab kulit berjerawat sebaik nya di jauhi agar tidak menyebabkan jerawat di kulit wajah. selain itu pun untuk mencegah jerawat di kulit wajah maka sebaik nya merawat kulit setiap hari nya. merawat kulit dengan baik setiap malam nya dengan menggunakan minyak zaitun. Karena minyak zaitun bisa melindungi kulit, dan juga memberikan nutrisi vitamin e yang baik untuk kesehatan kulit.

selain menggunakan minyak zaitun, menggunakan vitamin c dan juga vitamin e juga baik untuk kesehatan kulit sehingga akan membantu untuk mencegah kulit. sayur dan buah yang memiliki kandungan vitamin c dan e baik untuk di konsumsi jika ingin memiliki kulit yang sehat. tidak ketinggalan juga dengan air putih yang juga bisa membantu mencegah jerawat di kulit wajah.

Incoming search terms:

  • aneka produk herbal kecantikan
  • toko perawatan tubuh online
  • toko online perawatan tubuh
  • Toko herbal kecantikan wajah
  • toko bahan perawatan kecantikan
  • perawatan badan herbal
  • penyebab timbulnya jerawat batu pada usia 50an
  • jerawat saya ada dua dan seperti nyambung
  • jerawat di leher saya gak pinter hilang
  • herbal kecantikan#spf=1

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Category: ANAK / IBU, ARTIKEL KESEHATAN, Herbal Kecantikan (Perawatan Tubuh), TANAMAN HERBAL

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss