Manfaat Kacang Hijau & Kandungan Nutrisi

| 05/19/2013 | 0 Comments

Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Kacang Hijau,Siapa yang tidak mengenal kacang hijau? Makanan sehat yang satu ini ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Pada awalnya kacang hijau berasal dari India, dan mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan.

Kacang hijau banyak mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan, vitamin C dan vitamin B. Kandungan lain yang baik untuk tubuh diantaranya adalah protein, kalsium yang tinggi dan rendah kalori.

Kacang yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang hijau segar, hindari kacang lemas atau terlalu matang. Untuk menyimpan, tempatkan dalam kantong plastik berlubang dan tetap dalam kulkas dengan kelembaban relatif tinggi supaya tetap memiliki kualitas yang baik sampai seminggu.

Kacang hijau termasuk Jenis Tumbuhan yang tergolong kedalam jenis polong-polongan, kacang hijau juga mempunyai Kandungan protein yang terbilang cukup tinggi, kalsium dan fosfor. Tak hanya disitu saja  kacang hijau juga mempunyai kandungan lemak tak jenuh, lemak jenis ini bermanfaat baik untuk kesehatan kita.

Selain kandungan diatas kacang hijau juga memiliki kandungan gizi, seperti: serat yang tinggi, Vitamin B, C. serat memiliki manfaat untuk membuat system pencernaan yang ada dalam tubuh bekerja lebih efektif, sehingga kinerja Usus/pencernaan akan lebih ringan jika mengkonsumsi kacang hijau.

Namun dalam pengonsumsian kacang hijau usahakan jangan terlalu matang karena jika terlalu matang kandungan gizi akan berkurang, dan jangan membuang air rebusan kacang hijau tersebut. Air rebusan kacang hijua bermanfaat penting untuk kesehatan kulit dan membantu proses penyembuhan luka.

Ribuan tahun silam kacang hijau sudah digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sumber pangan hingga media pengobatan.
Bangsa China kuno bahkan sudah menggunakan kacang hijau untuk menurunkan panas dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Di Indonesia, kacang hijau sudah sangat familiar. Berbagai makanan tradisional seperti onde-onde, kolak, bubur, sudah menggunakan kacang hijau sebagai bahan baku utamanya.

Hingga kini, kacang hijau masih menjadi menu makan yang menyehatkan. Bahkan, sari kacang hijau kerap dijadikan minuman utama untuk balita yang datang ke posyandu.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Sebagai salah satu sumber pangan yang menyehatkan, kacang hijau diperkaya dengan berbagai nutrisi penting untuk menunjang kesehatan, di antaranya:

1. Kaya Protein
Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

2. Kaya Serat
Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

3. Mengandung Omega-3
Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

4. Kaya Vitamin & Mineral
Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.

Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

Manfaat Kesehatan Kacang Hijau

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Membantu Pertumbuhan  : Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak.
  2. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi  : Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan tidak berjalan maksimal. Kandungan vitmain B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.
  3. Mencegah Penyakit Jantung  :Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk didalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.
  4. Mencegah Anemia  :Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu kesimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan manfaat kesehatan yang begitu besar, jangan ragu lagi untuk memasukkan

Sangat kaya serat makanan (RDA per100g 9%) yang bertindak sebagai pencahar (pencuci perut) massal yang membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan terhadap zat-zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker dalam usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengurangi reabsorpsi kolesterol-mengikat asam empedu di usus besar.

Kacang hijau mengandung kadar vitamin A yang sangat baik, fenolik flavonoid antioksidan poli seperti lutein, zea-xanthin dan beta-karoten dalam jumlah yang baik. Senyawa ini membantu bertindak sebagai perlindungan dari radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan proses berbagai penyakit.

Zea-xanthin, suatu karotenoid makanan penting dalam kacang-kacangan, selektif diserap ke dalam lutea makula retina di mata di mana menyediakan antioksidan dan fungsi pelindung sinar ultra violet. Oleh karena itu, kacang hijau menawarkan perlindungan dalam mencegah penyakit terkait makula (ARMD) pada orang tua.

Sumber folates. 100 g kacang segar memberikan 37 mg atau 9% dari folates. Folat bersama vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel. Kacang hijau baik untuk ibu hamil karena membantu mencegah kecacatan neural tube-cacat pada bayi yang dikandung.

Banyak mengandung vitamin B6 (pyridoxine), thiamin (vitamin B-1), dan vitamin-C. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan dan melindungi dari radikal bebas.

Kacang-kacangan mengandung jumlah mineral yang sehat seperti besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Mangan adalah co-faktor untuk enzim antioksidan, dismutase superoksida, yang merupakan pembersih radikal bebas yang sangat kuat. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
kacang hijau ke dalam menu harian Anda.

Incoming search terms:

  • rebusan air kacang hijau sebagai detox racun
  • kalori kacang hijau rebus
  • bubur kacang hijau asam urat
  • manfaat ultra sari kacang ijo
  • bolehkah penderita asam urat makan bubur kacang hijau
  • kacang hijau untuk asam urat
  • manfaat ultra sari kacang hijau
  • bubur kacang hijau untuk penderita asam urat
  • kacang hijau untuk penderita asam urat
  • apakah kacang ijo bisa dikonsumsi oleh penderita gout

Tags: ,

Category: ARTIKEL KESEHATAN

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss