Manfaat Jambu Biji Merah Sebagai Obat Herbal

| 06/17/2013 | 0 Comments

Manfaat Jambu Biji Merah Sebagai Obat ,Kesehatan,,Buah, Herbal, Manfaat, Sehat,buah jambu, jambu biji, jambu klutuk, jambu merah, jenis jambu, manfaat jambu, memiliki manfaat,Manfaat Jambu Merah

Buah jambu Biji merah adalah jenis jambu biji yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Karibia, Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kemudian, tanaman ini menyebar ke daerah-daerah tropika di berbagai belahan dunia. Jambu ini dikenal pula dengan nama jambu klutuk atau jambu batu dengan berbagai variasi yakni salah satunya adalah jambu merah.

Masyarakat Indonesia bisa dibilang sangat suka jambu Biji merah ini karena dagingnya lunak dan tebal, berbiji sedikit, rasa manis dan buahnya yang memiliki ukuran besar.

Kandungan yang dimiliki oleh jambu merah ini sangat banyak dan bermanfaat. Beberapa manfaat jambu merah ini terutama antara lain adalah sebagai berikut:

Jambu merah dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam darah sehingga efektif mengatasi penyakit demam berdarah.
Jambu merah berwarna cerah kaya akan kandungan likopen. Likopen adalah salah satu senyawa fitonutrien atau fitokimia yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin A, vitamin C dan Mineral serta zat lainnya dalam buah jambu merah sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap aktif dan prima. Kandungan vitamin C pada buah ini bahkan 5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Vitamin C pada buah jambu merah terdapat pada kulit dan daging buahnya.
Fiber pada jambu biji membantu mencegah kanker saluran cerna serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Jambu Merah untuk Demam Berdarah

Baik daun ataupun jambu bijinya sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah dan menurunkan gejala penyakit demam berdarah. Ekstrak daun daun jambu merah dapat menghambat perkembangan virus Dengue yang adalah penyebab penyakit DBD. Bahan tersebut dapat meningkatkan trombosit darah hingga 100.000 mm2 tanpa efek samping.

2. Ramuan dengan jambu merah

Sediakan 3 buah jambu merah yang sudah matang dan mengkal. Kemudian, cuci bersih.
Blender hingga halus jambu yang matang sampai seperti jus jambu. Lalu, saring.
Jus jambu merah ini dapat diminum dengan frekuensi 3 kali sehari sampai penyakit demam berdarah yang diderita sembuh.
Sementara itu, jambu merah yang mengkal bisa dimakan langsung bersama kulitnya juga. Namun, biji-biji buah tersebut jangan dimakan karena bisa mengakibatkan penyakit usus buntu.

Kandungan-kandungan ini telah diteliti pula oleh Fakultas Kedokteran UI, Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya dan juga BPOM. Ekstrak daun jambu merah sedang dikembangkan menjadi obat antivirus demam berdarah dengue.

Selain itu, kandungan gizi lainnya tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai informasi, baik buah, daun dan kulit batang pohon jambu merah memiliki kandungan yang bernama tannin. Daun jambu biji pada khususnya memiliki kandungan bermacam jenis asam seperti misalnya asam ursolat, kratogolat, oleonolat, psidiolat dan guajaverin. Harga buah jambu merah juga terjangkau dan cukup mudah ditemukan sehingga kita pasti tidak akan melewatkan berbagai manfaat jambu.

Buah jambu batu mempunyai nilai ekonomis, terutama karena rasanya yang manis, warna yang menarik dan mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Merupakan tanaman tahunan berbentuk perdu dengan tinggi 3-10 m dan percabangan rendah. Kulit batang berwarna coklat kemerahan, tipis dan ringan. Bentuk buah bulat atau bulat telur dengan warna buah hijau kekuningan. Dapat tumbuh didaerah dengan ketinggian 0-1000 m dpl. Dan tumbuh baik pada tanah yang gembur dan cukup air.

Beberapa Cara Pemakaian Daun Jambu untuk Obat:

• Obat Diare

  • Daun Jambu Biji banyak mengandung quercetin yang dapat membantu sebagai anti-diare. Pemanfaatan daun untuk pengobatan diare dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain :
  • Daun jambu segar sebanyak kurang lebih 30 g, dan segenggam tepung beras digongseng sampai kuning. Selanjutnya direbus dalam dua gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, di saring dan air saringannya diminum.

Cara ini dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

  • Sebanyak 30 g daun jambu segar yang telah dicuci ditumbuk sampai lumat. Selanjutnya ditambahkan dengan garam seujung sendok, dan setengah cangkir air panas, lalu diaduk samapai rata. Setelah dingin, di peras dan saring. Air saringannya diminum sekaligus. Jika penderita masih diare, pengobatan ini diulang 2-3 kali sehari.
  • Seganggam daun jambu yang masih muda dan segar dicuci , kemudian direbus dalam tiga gelas air sampai tersisa separonya. Air rebusan ini digunakan untuk menyeduh satu sendok teh daun teh hijau, dan di minum selagi hangat. Pengobatan ini dilakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.

• Obat Perut Anak Kembung

  • Tiga lembar daun jambu biji muda dan segar, lima butir adas, dan 1/2 jari kulit batang pulosari yang dipotong kecil-kecil, lalu cuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut direbus dalam 2 cangkir air sampai tersisa satu cangkir. Setelah dingin, disaring dan air saringannya digunakan sebagai obat.
  • Cara pemakaiannya, bayi umur 3 bulan 5-7 kali sehari (masing-masing satu sendok), bayi umur enam bulan 3 kali sehari (masing masing satu sendok makan), anak umur 3 tahun 3 kali sehari (masing-masing 2 sendok makan), dan anak diatas 3 tahun 1 kali sehari (satu cangkir).

• Obat Penurun Kadar Kolesterol Darah yang tinggi

  • Sebanyak 7 lembar daun jambu biji, 2 genggam daun ceremai dan 10 lembar daun sirih (ketiganya herba segar),dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa separonya. Pada saat merebus panci harus ditutup. Setelah dingin, disaring, dan air saringannya diminum pagi dan malam hari, masing-masing ¾ gelas.

• Obat Sering Buang Air Kecil (Anyang-anyangan)

  • Kurang lebih segenggam daun jambu segar dan tepung beras digongseng sampai kuning. Selanjutnya direbus dalam 3 gelas air sampai air rebusannya tersisa separonya. Setelah dingin, disaring, dan air saringannya diminum sehari 3 kali, masing-masing aetengah gelas.

• Luka dan Luka Berdarah dan Sariawan

  • Daun jambu biji yang baru dipetik diambil secukupnya, kemudian dicuci. Selanjuntnya ditempelkan pada luka, dan dibalut dengan perban. Perban dan ramuan tersbut diganti 3 kali sehari sampai lukanya sembauh.
  • Untuk pemakaian luar, daun yang masih segar direbus, dan air rebusannya digunakan untuk mencuci luka. Cara lain, giling daun segar sampai halus, lalu bubuhkan pada luka berdarah akibat kecelakaan dan benda tajam atau borok disekitar tulang.

• Sariawan, larutan kumur atau sakit gigi

  • Untuk Sariawan diambil 1 genggam daun jambu biji dan 1 potong kulit batang jambu biji lalu direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih. Selanjutnya disaring untuk diambil airnya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.
  • Untuk sebagai larutan kumur mulut, ramuan ditunggu dingin lalu langsung digunakan untuk dikumur. Untuk sakit gigi, kunyah daun jambu biji yang sudah dicuci.

• Demam Berdarah

  • Untuk demam berdarah, Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik menyebutkan bahwa pemberian ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping yang berarti.
  • Dengan demikian, ekstrak daun jambu biji dapat digunakan untuk pengobatan kuratif demam berdarah. Untuk meraciknya, di ambil daun Jambu Biji sebanyak 3-5 lembar, di rebus dengan air sebanyak 2 gelas lalu diminum setiap 4 jam.

Berdasarkan hasil penelitian, telah berhasil diisolasikan suatu zat flavonoid dari daun jambu biji yang dapat memperlambat penggandaan (replika) human immunodeficiency virus (HIV) penyebab penyakit AIDS. Zat ini bekerja dengan cara menghambat pengeluaran enzim reserved transriptase yang dapat mengubah RNA virus menjadi DNA di dalam tubuh manusia.

BUAH JAMBU BIJI

Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Buah jambu biji atau guava (Gambar 1) adalah favorit banyak orang, dan dapat dimakan langsung atau dibuat jus. Buah ini merupakan salah satu buah terbaik yang dapat dimakan sehari-hari karena buah jambu Biji sangat kaya akan Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada buah jambu biji sangat tinggi, yaitu 87 mg per 100 g buah Jambu Biji.

Jumlah tersebut dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lipat dari orange, serta delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Dibandingkan jambu air dan jambu bol, kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lipat dari jambu air (5 mg/100 g) dan empat kali lipat dari jambu bol (22 mg/100 g). Untuk mengobati penyakit tertentu, lebih disukai buah jambu biji yang daging buahnya berwarna merah.

Seperti diketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang baik, disamping itu vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler: mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut); serta mencegah tanggalnya gigi. Vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infèksi.

Dengan demikian, tubuh tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain.Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi nitrosamin, suatu zat pemicu kanker. Vitamin C juga berperan untuk pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Ketersediaan vitamin C, yang cukup dalam darah dapat mendorong ke selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu, dan otak.

Pada intinya, jambu biji dapat dijadikan sebagai sumber utama bagi kebutuhan vitamin C tubuh. Konsumsi jambu biji seberat 90 gram setiap hari sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa, sehingga mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kandungan vitamin C pada jambu biji mencapai puncaknya menjelang matang. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada bagian kulit serta daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Karena itu, jambu biji sebaiknya dikonsumsi beserta kulitnya.

Selain vitamin C, buah jambu biji juga mengandung banyak kalsium (jarang pada buah lainnya), Vitamin A, Vitamin B, zat besi, fosfor, potasium, dan kaya akan serat. Untuk yang suka berdiet, buah jambu biji hanya mengandung 25 kalori. Kandungan gizi dalam 100 gram jambu biji disajikan pada Tabel 1.

Kandungan potasium dalam jambu biji sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel- sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Incoming search terms:

  • ###########################
  • kasiat jambu beras
  • jambu biji untuk diminum bagi penyakit hiv
  • jambu biji merah herbal
  • pengobatan herbal dengan jus jambu biji
  • kegunaan beras digongseng
  • Manfaat biji jambu yng kering
  • jus jambu merah untuk anak usia 5 tahun
  • jambu kotol
  • apakah jambu untuk obat tanpek

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Category: TANAMAN HERBAL

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss