Manfaat DAun Kelor Pengobatan Herbal

| 06/14/2013 | 2 Comments

Manfaat Daun Kelor , Pengobatan Kesehatan,Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan,Daun, Herbal, Manfaat, Sehat,daun kelor, manfaat daun, mengonsumsi daun, pohon kelor, sistem imun, sistem metabolisme, tanaman kelor, Manfaat Daun Kelor

Anda pasti sudah sering mendengar pepatah “dunia tak selebar daun kelor”. Daun kelor sendiri adalah tanaman yang daunnya itu berbentuk bulat telur dan memiliki ukuran yang kecil-kecil bersusun majemuk dalam sebuah tangkai.

Daun Kelor

Daun Kelor

Kelor disebut juga Merunggai atau nama ilmiahnya adalah Moringa oleifera. Daun ini dapat dijadikan sebagai obat maupun sayuran. Di Indonesia sendiri, kelor dikenal dengan nama Kelor, Ben-oil free (dalam bahasa Inggris), Limaran (Jawa). Dalam bahasa Melayu, kelor dikenal dengan nama Kalor atau Marunggai.

Kelor memiliki banyak manfaat bagi manusia. Berbagai bagian dari tanaman kelor bisa dimakan. Cara memanfaatkan kelor juga sangat bervariasi, mulai dari biji polong muda atau disebut “stik drum”, sangat populer di Asia dan Afrika. Untuk bagian daun kelor, dimanfaatkan khususnya di Kamboja, Filipina, India Selatan dan Afrika. Biji matang, dan minyak dari biji serta akar kelor.

Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan. Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

Manfaat Kelor

Daun kelor adalah bagian paling bergizi dari tanaman kelor sendiri, merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium dan protein antara nutrisi lain yang telah diteliti di lab. oleh USDA. Jika dibandingkan dengan makanan umum, daun kelor sangat tinggi dalam kandungan nutrisi nya :

Perbandingan kandungan kelor dan makanan lainnya

  • Nutrisi makanan – Jenis Makanan Umum – Kandungan Daun kelor
  • Vitamin A – wortel – 1,8 mg – 6,8 mg
  • Kalsium – Susu – 120 mg – 440 mg
  • Kalium – pisang – 88 mg – 259 mg
    Protein – Yogurt – 3,1 g – 6,7 g
    Vitamin C – Jeruk – 30 mg – 220 mg

Secara tradisional daun kelor dimasak dan digunakan seperti bayam. Selain digunakan segar sebagai pengganti bayam, daun biasanya dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk digunakan dalam sup dan saus. Sebagai catatan Penting untuk diingat bahwa seperti kebanyakan tanaman kelor pemanasan di atas 60 derajat celcius dapat menghancurkan beberapa nilai gizi.
Khasiat Kelor Memerangi Kekurangan Gizi

Manfaat daun kelor

manfaat daun kelor
Pohon dan daun kelor telah digunakan untuk memerangi kekurangan gizi, terutama pada bayi dan ibu menyusui. Berbagai lembaga LSM internasional Trees for Life, Educational Concerns for Hunger Organization, dan Volunteer Partnerships for West Africa – telah menganjurkan kelor sebagai solusi mengatasi kelaparan. Salah satu penulis menyatakan bahwa kelor adalah nutrisi alami untuk daerah tropis.

“Moringa atau kelor sekarang begitu terkenal sehingga tampaknya tidak ada keraguan dari manfaat kesehatan yang besar untuk direalisasikan oleh konsumsi serbuk daun kelor dalam situasi di mana kelaparan sudah makin dekat”

Kelor sangat menjanjikan sebagai sumber makanan di daerah tropis karena pohon memiliki daun yang penuh pada musim kering dan ketika makanan lain biasanya langka.

Daun kelor terus dilakukan penelitian untuk mengungkapkan sifat potensi nutrisi dan fitokimia, termasuk di antaranya termasuk efek antibakteri secara in vitro, toleransi glukosa meningkat pada model tikus diabetes, penghambatan Epstein-Barr aktivitas virus in vitro dan pengurangan papiloma kulit pada tikus

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menganjurkan anak-anak pada usia pertumbuhan agar mengonsumsi daun kelor. Daun kelor per gramnya mengandung: 7 kali vitamin C pada jeruk, 4 kali vitamin A pada wortel, 4 kali Kalsium pada susu, 2 kali protein pada susu dan 3 kali Potasium pada pisang.

Ya, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan tanaman kelor sebagai pohon ajaib. Pohon kelor dikenal sebagai tumbuhan berjasa dengan harganya yang murah untuk menangani berbagai penyakit. Oleh karena itu, pohon kelor disebar di daerah-daerah padang Afrika, Benua Asia dan Amerika Latin. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat. Beberapa manfaat daun kelor terutamanya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh secara alami.
  2. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
  3. Menyegarkan mata dan juga otak.
  4. Meningkatkan serum kolesterol alamiah.
  5. Meningkatkan struktur sel tubuh.
  6. Mengurangi kerutan serta garis-garis pada kulit.
  7. Mempertahankan kesehatan dan keindahan kulit.
  8. Meningkatkan fungsi hati dan ginjal.
  9. Melancarkan pencernaan.
  10. Meningkatkan energi.
  11. Sebagai anti-oksidan.
  12. Meningkatkan fungsi sirkulasi yang menyehatkan.
  13. Anti-peradangan.
  14. Mempertahankan kadar gula tetap normal dalam tubuh.
  15. Memberikan perasaan sehat dan ringan pada tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Daun Kelor

Seperti yang telah disebutkan, manfaat daun kelor tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Berbeda pengobatan yang dilakukan, tentu berbeda ramuan pengobatan tradisional yang dibuatnya.

1. Mengatasi sakit kuning

  • Bahan-bahan yang diperlukan adalah 3-7 gagang daun kelor, 1 sdm madu, 1 gelas air kelapa muda. Cara membuatnya:
  • Daun kelor dicuci bersih, tumbuk halus dan tambahkan 1 gelas air kelapa muda.
    Saring dan tambahkan 1 sdm madu kemudian aduk sampai rata.
    Ramuan tersebut dapat diminum sekali sehari sampai sembuh.

2. Mengobati rabun ayam

  • Sediakan bahan-bahan seperti 3 gagang daun kelor, 1 gelas air matang dan madu. Cara membuatnya:
  • Daun kelor dicuci bersih dan tumbuk halus.
    Seduh daun kelor yang telah halus tersebut dalam 1 gelas air matang. Saring dan tambahkan madu secukupnya.
    Aduk sampai rata.
    Ramuan dapat diminum pada saat sebelum tidur.

3. Mengatasi reumatik, nyeri dan pegal linu

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2-3 gagang daun kelor dan 1/2 sdm kapur sirih. Cara membuat:
  • Tumbuk bahan tersebut sampai halus.
    Pakai ramuan sebagai obat oles pada bagian tubuh yang sakit.

4. Menghilangkan flek pada wajah

  • Sediakan beberapa daun kelor, cara membuatnya:
  • Cuci bersih daun kelor tersebut dan tumbuk sampai halus.
  • Daun kelor yang sudah halus tersebut dipakai sebagai bedak atau bisa pula dicampurkan ke dalam bedak yang Anda pakai.
  • Diamkan beberapa menit dan basuh menggunakan air dingin.

Kandungan yang terdapat pada daun kelor antara lain adalah: Pterigospermin, Alkaloid moringin, Moringinin, Minyak lemak dan minyak atsiri. Maka dari itu, tidak heran apabila ada banyak sekali manfaat daun kelor terlebih karena zat antiseptiknya. Jadi, jika pepatah yang disebutkan di awal tidak sepenuhnya benar apabila mengingat berbagai khasiat dan manfaat luar biasa yang dimiliki oleh daun kelor.

Incoming search terms:

  • daun marunggai
  • bahasa minang daun kelor
  • khasiat daun marunggai
  • daun kelor dalam bahasa minang
  • marunggai
  • daun kelor bahasa minang
  • manfaat daun marunggai
  • daun marungi
  • manfaat daun kelor untuk payudara
  • daun kelor dalam bahasa padang

Tags: , , , , , , , , , , ,

Category: TANAMAN HERBAL

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss