Manfaat Daun Jarak – Tumbuhan Liar Kaya Khasiat

| 06/19/2013 | 1 Comment

Manfaat Daun Jarak ,Tumbuhan Liar Kaya Khasiat,Daun, Manfaat ,beberapa manfaat, daun jarak, macam manfaat, manfaat daun, meracik daun, pohon jarak, siapkan daun,    Manfaat Daun Jarak

Mungkin Anda jarang mendengar mengenai daun jarak, namun yang pasti terdapat manfaat daun jarak yang mesti Anda ketahui. Daun ini sendiri memang jarang ditemukan, biasanya tumbuh di hutan, daerah pantai ataupun tanah kosong.

Meski memang sekarang sudah dilakukan pengembangbiakan daun jarak sebagai tanaman perkebunan guna mendapatkan manfaatnya yang luar biasa kaya. Pohon jarak ini sendiri merupakan tumbuhan liar dengan nama ilmiah Ricinus communis dengan jenis tanaman perdu.

Di setiap daerah di Indonesia, penamaan pohon jarak ini juga berbeda-beda. Di Pulau Sumatera, pohon ini dikenal dengan nama Dulang ataupun Gloah, di Jawa Barat disebut pohon Kaliki dan di Madura disebut dengan nama Kalek. Ciri-cirinya adalah bentuk batang bulat licin, memiliki rongga dan juga berbuku-buku karena tanda bekas tangkai daun serta berwarna hijau kemerah-merahan. Tumbuhan daun jarak ini juga adalah tumbuhan setahun.

Daun jarak bersifat tunggal dengan tumbuh berseling. Diameter bangun daunnya adalah 10-40cm dan memiliki cangap menjari 7-9 dengan ujung daun meruncing. Bagian tepinya bergigi, warna pada bagian permukaan adalah hijau tua dan bagian bawah berwarna hijau muda.

Manfaat Daun Jarak untuk Pengobatan

Biji, akar, daun dan minyak dari bijinya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Biji jarak yang dibuang kulitnya dan dilumatkan hingga menjadi serbuk dapat ditempel ke tubuh sebagai obat korengan, sedangkan minyak yang diambil dari bijinya bisa diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan orang dewasa. Daunnya berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan sesak napas. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk menjaga stamina tubuh

Tanaman ini merupakan sumber minyak jarak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun. Jarak pohon merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat. Kehadiran asam lemak ini membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga minyak jarak dipakai sebagai campuran pelumas.

Berikut beberapa manfaat dan cara meracik daun jarak untuk pengobatan yang sudah dikenal oleh masyarakat:

1. Mengobati masuk angin pada bayi dan menurunkan panas badan bayi.

Caranya:

  • Siapkan 2-3 helai jarak. Olesi minyak makan yang masih baru pada daun tersebut.
  • Panaskan daun tersebut di atas kompor selama kira-kira 1-2 menit.
  • Kemudian daun bisa diletakkan pada punggung dan perut bayi. Agar tidak terlepas, Anda bisa memasangkannya di bawah gurita bayi.

2. Obat sembelit / susah buang air besar.
Caranya:

  •     Siapkan daun jarak yang masih dalam keadaan segar.
  •     Kukus daun tersebut lalu dimakan sebagai teman nasi / lalapan.

3. Mengatasi bengkak
Caranya:

  • Siapkan daun jarak.
  • Kukus daun hingga matang lalu bungkuskan pada bagian yang bengkak dan sakit.

4. Mengatasi penyakit hernia
Caranya:

  • Siapkan daun dan campurkan sedikit garam.
  • Lumatkan campuran tersebut dan tempelkan pada bagian tengah telapak kaki.

5. Mengobati koreng
Caranya:

  •     Sediakan daun jarak yang masih segar.
  •     Rendam daun tersebut dalam air panas hingga lemas.
  •     Tempelkan daun tersebut pada bagian kaki yang terkena koreng.

Menanam Pohon Jarak

Melihat berbagai khasiat dan manfaat daun jarak, kita bisa berinisiatif untuk menanamnya di pekarangan rumah. Namun memang pohon ini tidak bisa ditanam di dalam pot, melainkan membutuhkan lahan yang lumayan luas.

Kalau punya pekarangan yang agak luas maka tidak ada salahnya untuk menanam pohon jarak guna menikmati berbagai manfaatnya. Atau, jika tidak memungkinkan – mungkin Anda punya tetangga yang punya pohon jarak di pekarangannya maka Anda bisa mencoba meminta tolong untuk diberikan daun jarak ini. Untuk permulaan menanam pohon jarak ini membutuhkan biji jarak.

Namun, perlu diketahui pula bahwa ada varietas lain dari pohon jarak yakni jenis jarak merah. Daun jarak merah ini digunakan sebagai pengobatan untuk patukan ular, kudis pada anjing pemburu, menyembuhkan pendarahan gusi, menghilangkan rasa nyeri dan juga mengatasi sembelit seperti jarak biasa. Yang pasti cara meracik daun ini sendiri tidaklah sulit, yang sulit memang menemukannya. Namun di Indonesia, pohon ini tidak begitu langka sehingga benar-benar sulit untuk menemukan. Jadi, Anda masih bisa merasakan berbagai macam manfaat daun jarak untuk mengobati berbagai

Cara tradisional untuk memperbesar Mr. P selain dengan daun 3 jari / daun pembukungkus khas irian jaya maka untuk postingan ini akan saya bagi cara tradisional membesarkan Mr.p dengan daun jeruk purut dan jarak , ingat satu hal yac sebelum melakukan ini he he he kepuasan pasangan bukan diliat ukuran dan panjang Mr.p tapi kemampuan Mr.p itu sendiri ha ha ha ibarat senapan , sebaik apapun senapan tersebut jika yang megang tidak bisa menggunakan , maka percuma saja he he he

Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan 7 helai daun jeruk purut dan daun jarak pagar .
  2. Air dua sendok teh .
  3. Tumbuk 7 helai daun purut dan jarak pagar sampai halus  .
  4. Masukkan 2 sendok teh air hangat ke dalam ramuan .
  5. Setelah itu peraslah hingga mendapatkan sarinya .
  6. Oleskan ramuan kebatang penis, sambil melakukan pemijatan ( meminjatan perah susu juga bisa ).
  7. Diamkan sampai kurang lebih 30 menit .
  8. lalu bilas dengan air .

Untuk mendapatkan hasil maksimal , sebaiknya cara tersebut dilakukan setiap hari , pada pagi hari , sebelum Mr.p belum tersentuh air . bisa di bilang cara pemakaiannya seperti lulur, hem…jadi bisa bekerja sama dengan pasangan anda .

penyakit dan kaya akan khasiatnya bagi kesehatan.

Incoming search terms:

  • daun tiga jari
  • pohon kaliki
  • Daun kaliki
  • ciri ciri daun tiga jari
  • Manfaat daun jarak
  • Daun 3 Jari
  • khasiat daun jarak
  • manfaat daun jarak untuk payudara
  • gambar pohon jarak
  • manfaat daun kaliki

Tags: , , , , , , , , ,

Category: TANAMAN HERBAL

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. hiskia says:

    Mau tanya dimana ya bisa mendapat tumbuhan jarak merah di sekitaran medan? Boleh kasih info? Karena saya mau melakukan penelitian terhadap tumbuhan tersebut. Terima kasih

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss