Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal ADAS

| 05/19/2013 | 2 Comments

Uraian Tanaman  :

Adas termasuk salah satu dari sembilan tumbuhan obat yang dianggap bermukjizat di Anglo-Saxon. Asalnya dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena banyak sekali manfaatnya kemudian tanaman ini banyak ditanam di India, Indonesia, Eropa, Argentina, dan Jepang.

Di Indonesia adas sudah mulai dibudidayakan bahkan adas digunakan sebagai tanaman obat atau sebagai bumbu.

Tumbuhan ini dapat hidupbaik pada dataran tinggi, walaupun kenyatannya tumbuhan ini dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut.

Terna berumur panjang, tumbuh merumpun, tinggi 50 cm – 2 m.  Satu rumpun biasanya terdiri dari 3 – 5 batang. Batang berwarna hijau kebiru-biruan, beruas, berlubang, beralur, bila memar baunya wangi.

Letak daun berselang seling, majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk jarum, tepinya rata,  ujung dan pangkal runcing, berseludang warna putih dan berselaput dengan bagian atasnya berbentuk topi.

Bunga tersusun sebagai bunga payung majemuk yang memiliki 6 – 40 gagang bunga, ibu gagang bunga memiliki panjang 5 – 10 cm, sedangkan gagang bunga memiliki panjang 2 – 5 mm, mahkota berwarna kuning, keluar dari ujung batang. Buahnya berusuk, lonjong, lebarnya 3 – 4 mm, dan panjangnya 6 – 10 mm.

Ketika masih muda berwarna hijau dan setelah tua cokelat agak kuning atau cokelat agak hijau sampai cokelat sepenuhnya. Namun, buah ini memiliki warna yang berbeda-beda tergantung negara asalnya.

Ketika buahnya masak mempunyai bau khas aromatik, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer. Hasil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering akan menghasilkan minyak adas.

Minyak adas ada dua macam, pahit dan manis. Keduanya, digunakan dalam industri obat-obatan. Adas juga digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa (bumbu)/ (corrigentia saporis) dan bermanfaat untuk mengharumkan ramuan obat. Biasanya adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari.

Daunnya juga bisa dimakan sebagai sayuran. Cara mengembangkannya adalah dengan  memisahkan anak tanaman atau dengan biji.

Nama Lokal :

Adas, adas londa, adas landi (Jawa), Hades (Sunda), adas (Bali), Adhas (Madura), wala wunga (Sumba), adas, adas pedas (melayu), Das pedas (Aceh), paapang, paampas (Menado), Adeh, manih (Minangkabau). Popoas (Alfuru), Papaato (Buol), denggu-denggu (Gorontalo), porotomo (Baree), Adasa, rempasu (Makasar), kumpasi (Sangir Talaud), Hsiao hui (China), adase (Bugis), Jintan Manis (Malaysia), phong karee, mellet karee (Thailand), Fennel, commaon fennel, sweet fennel, fenkel, spigel (I), barisaunf, madhurika (Ind./Pak.);

Nama latin : (Foeniculum vulgare Mill.)

Familia : Apiaccae (Umbelliferae)

Sinonim : = E officinale, All. = Anethum foeniculum, Linn.

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Daun : berbau aromatik

Buah : buah masak mengandung bau aromatik, rasa pedas, sedikit manis, hangat, masuk meridian hati, limpa, ginjal, dan lambung.

Minyak dari buah : minyak adas (fennel oil).

KANDUNGAN KIMIA : Adas mengandung mengandung 50 – 60% anetol, minyak atsiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, lebih kurang 20% fenkon, limonen, pinen, dipenten, metilchavikol, felandren, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak.

Kandungan anetol menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin). Akar mengandung bergapten.

Hasil Penelitian dan Efek Farmakologis :

  1. Anisaldehida, merupakan komponen aktif yang meningkatkan khasiat streptomycin untuk mengobati TBC pada tikus percobaan.
  2. Menghilangkan dingin dan dahak.
  3. Merangsang pengeluaran kentut (flatus) dan meningkatkan peristaltik saluran cerna.
  4. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, ditemukan bahwa adas memiliki efek menghancurkan batu ginjal.
  5. Minyak adas yang mengandung fenkon, anetol, chavicol, dan anisaldehid memiliki khasiat untuk menyejukkan saluran cerna dan dapat merangsang nafsu makan.
  6. Pada percobaan binatang, tekanan darah dapat diturunkan dengan ekstrak dari rebusan daun adas. Namun, pengolahan cara lain tidak menunjukkan khasiat ini.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN :

Buah masak (Xiaohuixiang, hui-hsiang). Buah yang telah masak dikumpulkan, kemudian dijemur sampai kering.

MANFAAT ADAS :

 Khasiat Adas
adas
Adas memiliki nama ilmiah Foeniculum vulgare Mill. Tanaman Adas diperkirakan berasal dari benua Amerika dan Asia Tengah. Namun, di Indonesia Adas telah lama dikenal. Adas tumbuh banyak di pulau Jawa. Pada umumnya, tumbuhan Adas berada di dataran tinggi.

Ciri fisik dari Adas antara lain memiliki tinggi antara 40-200 cm. Tumbuhan ini struktur batangnya merumpun, tiap rumpun terdiri dari beberapa batang. Usia tumbuhan Adas cukup panjang. Batang dari Adas memiliki warna hijau, memiliki ruas dan lubang.

Daun Adas bersifat majemuk dengan sirip ganda. Secara umum bentuknya mirip dengan jarum. Tumbuhan Adas merupakan bunga majemuk. Bentuknya seperti payung dengan diameter 5-15 cm. Mahkota bunga Adas  berwarna kuning. Buahnya memiliki bentuk lonjong. Panjang buah Adas kurang lebih 5-11 mm, dengan lebar 3-5mm. Buahnya hijau saat muda, dan kecokelatan saat matang.

Adas memiliki kandungan minyak atsiri, sehingga memiliki bau yang aromatik. Buah tumbuhan Adas rasanya pedas, manis, dan hangat di tenggorokan.

Bagian Mana yang Bermanfaat ?

Pada umumnya yang sering dimanfaatkan dari tanaman Adas adalah buahnya. Khususnya yang sudah matang. Sebelum dipakai, tanaman obat ini dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur.

Apa Saja Kandungan Kimianya ?

Anetol, minyak atsiri, anisaldehid, limonen, asam lemak, felandren, asam anisat, dsb.

Manfaat dan Khasiat

Buah Adas yang telah disuling akan berubah menjadi butiran serbuk. Serbuk ini memiliki rasa manis dan pahit. Serbuk ini digunakan dalam industri obat-obatan sebagai pengharum ramuan. Adas juga umum dipakai sebagai bahan untuk memperbaiki rasa.

Manfaat Adas adalah merangsang kerja organ pencernaan, melancarkan buang angin, menghangatkan badan, serta membantu mengeluarkan dahak. Adas juga dipercaya berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal. Adas juga dapat berfungsi sebagai penambah nafsu makan.
Selain itu tanaman Adas juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia, batuk berdahak, serta datang bulan yang tidak teratur.

Buah bermanfaat untuk mengatasi :

  1. Sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan,
  2. Perut kembung, sakit perut (mulas), rasa penuh di lambung, diare, mual,
  3. Muntah,
  4. Haid : haid tidak teratur, nyeri haid,
  5. Batuk berdahak, sesak nafas (asma),
  6. Sir susu ibu (ASI) sedikit,
  7. Susah tidur (insomnia),
  8. Putih telur dalam kencing (proteinuria),
  9. Usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis),
  10. Buah pelir turun (orchidoptosis),
  11. Penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidrokel testis),
  12. Pembengkakan saluran sperma (epididimis),
  13. Mengurangi rasa sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya,
  14. Rematik, dan
  15. Keracunan tumbuhan obat atau jamur.

Daun berkhasiat mengatasi :

  1. Perut kembung, kolik,
  2. Batuk,
  3. Rasa haus, dan
  4. Meningkatkan penglihatan.

CARA PEMAKAIAN :

Sebanyak 3 – 9 g buah adas direbus, kemudian diminum atau buah adas digiling halus, kemudian diseduh dengan air mendidih untuk diminum selagi hangat. Daun direbus kemduian diminum, atau dimakan sebagai sayuran.

Untuk pemakaian luar, buah kering digiling halus kemudian digunakan untuk pemakaian lokal pada sakit gigi, sariawan, sakit telinga dan luka.

Minyak adas juga dapat dimanfaatkan untuk tubuh anak yang masuk angin dengan cara digosok.

Resep tradisional :

Haid tidak teratur

Siapkan bunga dan daun srigading masing-masing 1/5 genggam, adas 1/2 sendok teh, jinten hitam 3/4 sendok teh, pulosari 1/2 jari, jeruk nipis 2 buah, bunga kesumba keling 2 kuntum, gula batu sebesar telur ayam, dicuci kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus bahan-bahan tadi tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, kemudian diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Sesak napas

  • Seduh minyak adas sebanyak 10 tetes dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.
  • Siapkan adas 1/2 sendok teh, rimpang kencur 2 jari, pulosari ¼ jari, rimpang temulawak 1 jari, daun poncosudo (Jasminum pubescens) 1/4 genggam, jintan hitam 114 sendok teh, gula merah 3 jari, dicuci kemudian dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tersebut direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa kira-kira setengahnya. Setelah dingin disaring, dan siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Batuk

  • Serbuk buah adas sebanyak 5 g diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin kemudian disaring, lalu ditambah dengan 1 sendok teh madu. Aduk hingga merata, kemudian minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
  • Daun saga 1/4 genggam, daun poko 1/5 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, bawang merah 2 butir, bunga tembelekan 10 kuntum, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, gula merah 3 jari, rimpang jahe 1 jari, dicuci kemudian dipotong-potong seperlunya. 3 gelas air bersih direbus sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, kemudian diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Keracunan jamur atau tumbuhan obat

Siapkan 5 g serbuk buah adas, kemudian seduh dengan setengah cangkir arak. Minum selagi hangat.

Sariawan

Siapkan adas 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, ketumbar 3/4 sendok teh, daun saga ¼ genggam, daun sembung 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, pegagan 1/4 genggam, pulosari 3/4 jari, daun kentut 1/6 genggam, rimpang kunyit ½ jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari, kayu manis ¾ jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup 3/4 gelas.

Batu empedu

5 g serbuk buah adas diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum ramuan ini 2x sehari

MAAF KMI TIDAK JUAL ADAS KERING /SERBUK — KMI POSTING ARTIKEL INI SEBAGAI PENAMBAH WAWASAN KE ILMUAN TENTANG MANFAAT DAN KASHIAT ADAS SEBAGAI BAHAN JAMU / HERBAL…

KARENA BANYAKNYA YG TANYA DAN PESAN.. MKS SEMOGA BERMANFAAT…

Incoming search terms:

  • daun adas pulosari beli dimana
  • jual adas pulosari
  • bentuk adas pulosari
  • biji adas beli dimana
  • daun adas pulosari
  • adas pulosari
  • beli adas pulosari dimana
  • tempat jual daun adas pulosari
  • nama lain adas pulosari
  • pohon adas

Tags: , , ,

Category: ARTIKEL KESEHATAN, TANAMAN HERBAL

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. heru says:

    mau tanya min, ini serius.. saya lagi cari biji achiote atai biji annato, jika tau dimana yang jual atau info seputar itu, tolong infokan kesaya, terimakasih 081287604726

  2. herbalanna says:

    Annatto, kadang-kadang disebut Roucou, adalah turunan dari achiote pohon dari daerah tropis di Amerika, digunakan untuk memproduksi merah pewarna makanan dan juga sebagai bumbu. Its scent is described as “slightly peppery with a hint of nutmeg” and flavor as “slightly sweet and peppery” [ 2 ] . Its mengharumkan digambarkan sebagai “sedikit pedas dengan petunjuk pala” dan rasa sebagai “pedas dan sedikit manis” [2].

    Annatto is produced from the reddish pulp which surrounds the seed of the achiote ( Bixa orellana L.). Annatto dihasilkan dari kemerahan bubur yang seputar benih dari achiote (Bixa Orellana L.). It is used in many cheeses (eg, Cheddar , Red Leicester , and Brie ), margarine , butter , rice , smoked fish , and custard powder . Digunakan di banyak cheeses (misalnya Cheddar, Red Leicester, dan Brie), margarin, mentega, beras, salai ikan, dan custard bubuk.
    Bixa orellana seeds . Bixa Orellana bibit.

    Annatto is commonly found in Latin America and Caribbean cuisines as both a coloring agent and for flavoring. Annatto umumnya ditemukan di Amerika Latin dan Karibia makanan yang baik sebagai pewarna dan bumbu. Central and South American natives use the seeds to make a body paint , and lipstick . Tengah dan Amerika Selatan menggunakan bibit asli untuk membuat tubuh cat, dan lipstik. For this reason, the achiote is sometimes called the lipstick-tree . Oleh karena itu, achiote kadang-kadang disebut lipstik-pohon. Achiote originated in South America and has spread in popularity to many parts of Asia. Achiote berasal dari Amerika Selatan dan telah menyebar ke popularitas di banyak negara Asia. The heart shaped fruits are brown or reddish brown at maturity, and are covered with short, stiff hairs. Jantung berbentuk buah-buahan adalah coklat kemerahan atau coklat pada saat jatuh tempo, dan ditutup dengan pendek, rambut kaku. When fully mature, the fruits split open exposing the numerous dark red seeds. Ketika sepenuhnya matang, buah-buahan yang split buka exposing berbagai bera bibit. While the fruit itself is not edible, the orange-red pulp that covers the seed is used as a commercial food colouring and dye (similar to turmeric). Walaupun buah itu sendiri tidak edible, berwarna oranye-merah bubur yang meliputi benih digunakan sebagai komersial dan pewarna makanan warna (mirip dengan kunyit). The achiote dye is prepared by stirring the seeds in water. Achiote celup yang disiapkan oleh pengacauan yang bibit di dalam air.

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled.