8 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

| 05/23/2013 | 0 Comments

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil,Sebagian besar Ibu yang sedang hamil pasti pernah mengalami mual bahkan hingga muntah. Meskipun gejala ini sudah sangat umum bagi Ibu hamil, tidak jarang gejala ini menjadi sumber kecemasan, sehingga menambah tegang suasana.

Ibu, gejala ini dinamakan emesis gravidarum atau gejala yang sering disebut sebagai morning sickness (perasaan mual dan ingin muntah). Biasanya hanya terjadi pada trimester pertama masa kehamilan, dan akan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan melewati trimester kedua dan ketiga.

Apakah gejala ini bisa diatasi? Bisa kok, berikut adalah:

Mengkonsumsi gizi seimbang
Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya. Dan saat nafsu makan bertambah , Ibu dapat menambahnya dengan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll).

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, seperti mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, dll.
Untuk lebih mengurangi rasa mual, sebaiknya memilih makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini memiliki sifat anti mual. Contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup, tebu, dan sebagainya.

Minum susu hamil
Bila Ibu masih merasakan mual, Ibu bisa mencoba minum susu hamil karena dapat menghilangkan rasa mual dan eneg. Sekarang sudah banyak pilihan produk susu Ibu hamil yang sekaligus dapat mengurangi rasa mual. Biasanya kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam susu untuk Ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual.

Mual saat hamil biasanya dirasakan parah-parahnya di pagi hari. Dan momen ini adalah momen yang paling menjengkelkan, terutama apabila si ibu masih ingin beraktivitas ini itu.

Ada kalanya bahkan mual ini menyebabkan ibu merasa lemas dan kurang enak badan, akhirnya memilih untuk bed rest dan melupakan sejenak kewajiban lain yang harus dijalankan. Untuk mengatasi rasa mual saat hamil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bumil.

  1. Berolahraga : Percaya atau tidak, olahraga dapat membantu meringankan gejala mual dan bahkan mengobati morning sickness. Gerakannya tak perlu yang berat-berat, cukup gerakan ringan seperti berjalan kaki mengelilingi kompleks saja Anda sudah membantu membakar kalori. Dan apabila dokter memperbolehkan fisik Anda melakukan olahraga yang lebih berat lagi, Anda bisa mencoba bersepeda atau berenang.Yang pasti, utamakan terlebih dahulu keselamatan Anda dan si bayi.
  2. Akupuntur  : Akupuntur atau tusuk jarum adalah metode yang dapat membantu meringankan gejala mual. Biasanya pengobatan alternatif ini bisa dilakukan di beberapa klinik alternatif yang dipercaya.
  3. Mengunyah permen peppermint  : Anda juga boleh mengatasi rasa mual dengan mengunyah permen mint. Seperti halnya jahe, mint memberikan rasa dingin dan segar sehingga meringankan mual. Selain itu, aroma mint juga menyegarkan.
  4. Permen asam  : Konsumsi permen yang rasanya agak asam untuk membantu mengatasi dan meringankan mual di bulan-bulan pertama. Efeknya instant dan tidak memberikan efek negatif yang terlalu berbahaya. Hanya memang Anda juga tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak agar asam lambung tidak meningkat tinggi.
  5. Buah yang didinginkan misal :Salak yg agak manis  : Simpan buah yang telah dipotong dan disimpan di box di dalam lemari pendingin. Apabila Anda merasa mual, maka suapkan beberapa potong buah tersebut. Rasa dinginnya akan membantu mengalihkan rasa mual, serta kandungan nutrisi dan asamnya membantu meringankan rasa mual tersebut.
  6. Mengonsumsi jahe  : Jahe adalah obat tradisional untuk mengatasi mual, Anda bisa mengunyahnya atau sekedar mencampurkan dalam teh hangat. Rasa hangatnya akan segera menyebar ke seluruh tubuh dan mual kemudian berkurang sedikit demi sedikit. Pun demikian, jahe tidak boleh dikonsumsi karena terasa panas.
  7. Tidur cukup  : Pastikan Anda memiliki tidur cukup sehingga keesokan paginya bangun lebih fresh. Tidur sangat berhubungan erat dengan kesehatan tubuh, sehingga menjaga kualitas tidur sangat penting agar tubuh tetap segar.
  8. Berada di ruangan dingin  :Tetap berada di ruangan dingin akan menjaga suhu tubuh tetap imbang. Ibu hamil mudah merasa kepanasan, dan saat merasa panas rasa mual ini akan semakin meningkat. Untuk itu, buat agar ruangan atau kamar Anda tetap dingin dengan air .

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Dokter, saya mau tanya cara untuk menghilangkan atau mengurangi rasa mual saat istri hamil muda. Istri saya hamil yang ke-2 (saat ini mau 3 bulan usia kandungan), hamil sekarang tidak seperti hamil ke-1, rasa mualnya tidak hilang kecuali dibuat tidur atau rebahan.

Adakah cara atau obat alami/herbal untuk menghilangkan/mengurangi rasa mual tersebut? Karena jika dibuat aktivitas tidak nyaman.

Wassalam

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Gejala mual dan muntah yang berat di trimester awal kehamilan memang cukup sering dialami wanita, meskipun adapula sebagian yang tidak demikian. Beberapa cara yang dapat kami anjurkan untuk mengurangi gejala mual muntah tersebut diantaranya adalah:

  1. Konsumsi minuman (rebusan, dicampur teh, atau susu) yang mengandung sari atau ekstrak jahe. Jahe memiliki efek mengurangi mual dan menghangatkan tubuh. Sebaiknya sari jahe tidak dikonsumsi bersama gabungan jamu lainnya karena campuran jamu belum diketahui pasti keamanannya untuk ibu dan janin.
  2. Konsumsi vitamin B6 atau B12.
  3. Konsumsi beberapa potong biskuit/cracker segera setelah bangun tidur, dan makanan protein sedang sebelum tidur di malam hari.
  4. Memperhatikan dengan seksama makanan atau pemicu-pemicu mual dan muntah dan menghindarinya sebisa mungkin. Konsumsi makanan yang terlalu masam atau pedas, atau makanan yang bersifat masam di lambung seperti kopi, teh, maupun soda, hendaknya dikurangi, diganti dengan air putih atau jus buah rendah gula. Konsumsi air putih yang teratur, minimal 2 L per hari sangat penting untuk mencegah dehidrasi akibat sering muntah.
  5. Membagi porsi makan menjadi lebih kecil namun lebih sering sepanjang harinya.
  6. Terapi akupressur. Terapi akupressur dengan titik penekanan di daerah dekat pergelangan tangan disebutkan memiliki efek mengurangi mual dan muntah. Hendaknya Bapak dan istri berkonsultasi dengan terapis akupressur yang ahli untuk terapi ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Incoming search terms:

  • makanan pencegah mual saat hamil
  • makanan penghilang mual saat hamil
  • Makanan penghilang mual
  • obat penghilang mual saat hamil
  • cara menghilangkan rasa mual saat hamil 2 bulan
  • mengatasi mual saat hamil 2 bulan
  • makanan penghilang rasa mual
  • makanan penghilang rasa mual saat hamil
  • permen penghilang mual saat hamil
  • cara menghilangkan mual saat hamil

Tags: , , ,

Category: ARTIKEL KESEHATAN, Herbal Pasutri

Leave a Reply

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled.